Rabu, 28 Oktober 2015

Sistem Bilangan Real




1.1.    Sistem Bilangan Real
  Himpunan adalah sekumpulan obyek/unsur dengan kriteria/syarat tertentu. Unsur-unsur dalam himpunan S disebut anggota (elemen) S. Himpunan yang tidak memiliki anggota disebut himpunan kosong, ditulis dengan notasi f     atau {   }.
  a Î S dibaca “a elemen S”, dan jika a bukan anggota himpunan S, ditulis sebagai a Ï S.
  Suatu himpunan dituliskan dalam huruf kapital : A, B, ..
 Cara menuliskan anggauta suatu himpunan :
                   didaftar, contoh A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} atau
           menuliskan syarat keanggautaannya, contoh :
                    A = {x | x bilangan positip yang kurang dari 7}
         Himpunan A disebut himpunan bagian himpunan B, ditulis A Ì B , jika setiap anggota A merupakan anggota B. Tidak sulit dipahami bahwa  untuk sebarang himpunan A, berlaku ø Ì A.
         Himpunan A disebut himpunan bagian himpunan B, ditulis A Ì B , jika setiap anggota A merupakan anggota B. Tidak sulit dipahami bahwa  untuk sebarang himpunan A, berlaku ø Ì A.
         Himpunan semua bilangan asli adalah N = {1, 2, 3,……..}, dan himpunan ini tertutup terhadap operasi (+) dan (x), artinya  dan  untuk setiap x, y Î N Þ x+y Î N dan xy Î N. Himpunan bilangan asli bersama-sama dengan bilangan 0 dan bilangan bulat negatip membentuk sistem bilangan bulat ditulis Z.
         Bilangan rasional adalah bilangan yang merupakan hasil bagi bilangan bulat dan bilangan asli. Himpunan semua bilangan rasional ditulis dengan notasi Q, dengan
                        Q = {a/b |a Î Z dan b Î N}
         Bilangan yang tidak rasional disebut bilangan irasional. Contoh-contoh bilangan irasional antara lain adalah Ö2  dan p.
         Himpunan semua bilangan irasional bersama-sama dengan Q membentuk himpunan semua bilangan real R.

1.1.1 Sifat-sifat Sistem Bilangan Real
          Untuk sebarang bilangan real a, b, c, dan d berlaku sifat-sifat
sebagai berikut:
1)    Komutatif : (i) a + b = b + a ;   (ii) ab = ba.
2)   Assosiatif : (i) a + (b + c) = (a + b)+c = a + b + c;                                                 (ii) a(bc) = (ab) c = abc;
3)   Distributif : a(b + c) = ab + ac;
4)   (i) a/b = a (1/b), b ¹ 0;    (ii) (a/b) + (c/d) = (ad + bc)/bd;       (iii) (a/b) (c/d) = (ac)/(bd), dengan b ¹ 0 , d ¹ 0.
5)   (i)  a (- b) = (- a)b = - (ab);   (ii) (- a)(- b) = ab;   (iii) – (- a) = a.
6)   (i) 0/a = 0, untuk a ¹ 0;   (ii) a/0 tidak terdefinisi;                (iii) a/a = 1, untuk a ¹ 0.
7)   Hukum kanselisasi : (i) jika ac = bc dan c ¹ 0 Þ a = b;             (ii)  jika b, c ¹ 0 Þ (ac)/(bc) = a/b.
Sifat pembagi nol : jika ab = 0 Þ a = 0 atau b = 0
1.1.2. Relasi Urutan
         Himpunan semua bilangan real R meliputi : (i). Himpunan semua bilangan real positif (R+);    (ii). Himpunan dengan bilangan 0 sebagai satu-satunya anggota atau {0} ; dan (iii). Himpunan semua bilangan real negatif (R-).             
         Untuk sebarang bilangan real a dan b : a < b jika  b – a > 0  dan a > b   jika  b < a .                                        Mudah ditunjukkan bahwa : jika a bilangan positip Û a > 0          dan a bilangan negatip Û a < 0
         Jika a kurang dari atau sama dengan b ditulis  a £ b, dan jika a lebih dari atau sama dengan b ditulis a ³ b.
         a < b < c mempunyai arti a < b dan b < c.
Beberapa sifat yang penting relasi urutan : 
(i)                   jika a £ b Þ a + c £ b + c  ;
(ii)                 jika a £ b dan b £ c Þ a £ c ;
(iii)               jika a £ b dan c > 0 Þ ac £ bc;
(iv)                jika a £ b dan c < 0 Þ ac ³ bc;
(v)                  jika a > 0 Þ 1/a > 0   dan jika 0 < a £ b Þ 1/b  £  1/a;                   
(vi)                 untuk sembarang bilangan real a dan b salah satu pasti berlaku a < b atau a = b atau a > b  ;
(vii)               jika a, b  ³ 0  Þ a £ b Û a2 £ b2  Û  Öa £ Ö b
1.1.3. Garis Bilangan
Secara geometris, sistem bilangan real R dapat digambarkan dengan garis lurus. Mula-mula diambil sebarang titik untuk dipasangkan dengan bilangan 0. Titik ini dinamakan titik asal (origin), ditulis dengan O. Pada kedua sisi dari O dibuat skala sama (segmen) dan disepakati arah positif disebelah kanan O sedangkan arah negatif disebelah kiri O. Selanjutnya, bilangan-bilangan bulat positif 1, 2, 3, … dapat dipasangkan dengan masing-masing titik di kanan O dan bilangan-bilangan  dengan titik-titik di sebelah kiri O.
1.1.4. Pertidaksamaan
          Perubah (variable) adalah lambang (symbol) yang digunakan untuk menyatakan sebarang anggota suatu himpunan. Jika himpunannya R maka perubahnya disebut perubah real.
          Pertidaksamaan (inequality) adalah pernyataan matematis yang memuat satu perubah atau lebih dan salah satu tanda ketidaksamaan (<, >, £, ³).
          Sebagai contoh : 1)   2x – 7 < 5x + 2 ;  2) (2x – 1)/(x + 5) > 9;
        3) x2 + y2 £ 9      4) x2 – x – 12 < 0
          Menyelesaikan suatu pertidaksamaan berarti mencari sejumlah bilangan real yang memenuhi pertidaksamaan tersebut dan disebut penyelesaian. Sifat-sifat biangan real digunakan di sini.
          Contoh 1.1.2 Tentukan penyelesaian pertidaksamaan : 2x – 5 < 5x + 7.
Penyelesaian:
      2x – 5 < 5x + 7 Û 2x – 5 – 5x + 5 < 5x + 7 – 5x + 5
                              Û - 3x < 12 Û - 3x (- 1/3) > 12 (- 1/3)
                            Û x > - 4  
      sehingga HP adalah : { x ÎR | x > - 4}
          Contoh 1.1.3 Tentukan penyelesaian pertidaksamaan : x2 – 5x + 6 > 0.
Penyelesaian: faktorkan ruas kiri pertidaksamaan di atas, dan diperoleh (x – 2)(x – 3) > 0. Telah diketahui bahwa hasil kali 2 bilangan real positif apabila ke dua faktor positif atau ke dua faktor negatif, sehingga :
      (i) jika kedua faktor positip maka x – 2 > 0 dan x – 3 > 0 Û    x > 2 dan x > 3, sehingga diperoleh x > 3.
      (ii) jika kedua faktor negatip maka x – 2 < 0 dan x – 3 < 0 Û x <2 dan x < 3, sehingga diperoleh x < 2.
      Jadi HP adalah : { x Î R | x < 2 atau x > 3 }
Contoh 1.1.4 Tentukan penyelesaian x3 – 2x2 – x + 1 £ - 1.
Penyelesaian: Apabila ke dua ruas pada pertidaksamaan di atas ditambah 1, maka diperoleh :     x3 – 2x2 – x +  2 £ 0 Û (x – 1)(x + 1)(x – 2) £ 0. Jika  (x – 1)(x + 1)(x – 2) = 0, maka diperoleh : x = 1, x = -1, dan x = 2 . Jadi HP : { x Î R | x £ - 1 atau 1 £ x £ 2}, selanjutnya, perhatikan tabel berikut :
Contoh 1.1.5 Selesaikan (2x+6)/(x-2) £ (x+1)
Penyelesaian : apabila kedua ruas ditambah –(x+1), diperoleh :
       (2x+6)/(x-2)  - (x+1) £ 0 Û (2x+8-x2+x+2) / (x-2) £ 0 Û (x2-3x+10) / (x-2) ³ 0 Û (x-5)(x+2) / (x-2) Û ³ 0.      
Dengan demikian HP : { x Î R | -2 £ x < 2 atau x ³ 5}
1.1.5. Nilai Mutlak
            ·          Definisi : Nilai mutlak x Î R, ditulis |x|, didefinisikan sebagai |x|= Ö x2    atau dinyatakan sebagai :
                                                x,     x ³ 0
                                     |x|=
                                                - x,   x < 0
  • Beberapa Sifat Nilai Mutlak |x| :                                                 
            (i) |x|³ 0    dan |x|= 0 Û x = 0               
            (ii) |xy|= |x||y|    dan |x / y|= |x|/ |y|,  asal y ¹ 0      
            (iii) ||x|- |y||£ |x + y|£ |x|+ |y|                                  
            (iv) ||x|- |y||£ |x - y|£ |x|+ |y|                                    
            (v) Jika a ³ 0 , maka |x|= a Û x = a atau x = - a           
(vi) Jika a ³ 0 , maka |x| £ a Û - a £ x £ a dan |x| ³ a Û x £ - a atau x ³ a
       1.1.6. Selang (Interval)
                 Diberikan sebarang dua bilangan real a dan b, dengan a < b . Berturut-turut didefinisikan :
                        [a, b] = { x | a £ x £ b}        (a, b) = { x | a < x  < b}
                        [a, b) = { x | a £ x < b}        (a, b] = { x | a < x  £ b}
                        [a, ¥) = { x | x  ³ a}             (a, ¥) = { x | x > a}
                        (¥, a] = { x | x £ a}              (¥, a) = { x | x < a}
1.2.    Sistem Koordinat
1.2.1  Sistem Koordinat Cartesius Lanjutan
·         Letak sebarang titik pada bidang dinyatakan dengan pasangan berurutan (x, y) . Titik  mempunyai arti bahwa jarak titik P ke sumbu-x dan sumbu-y masing-masing adalah |y| dan |x| .
·         Apabila x < 0 (atau y < 0)  maka titik P berada di sebelah kiri (atau sebelah bawah) titik asal O dan apabila x > 0 (atau y > 0)  maka titik P terletak di sebelah kanan (atau sebelah atas) titik asal O. Dalam hal ini, x disebut absis titik P sedangkan y disebut ordinat titik P.
1.2.2. Sistem Koordinat Kutub (Polar)
          Pada sistem koordinat Cartesius, letak titik pada bidang dinyatakan dengan pasangan (x, y) , dengan x dan y masing-masing menyatakan jarak berarah ke sumbu-Y dan ke sumbu-X. Pada sistem koordinat kutub, letak sebarang titik P pada bidang dinyatakan dengan pasangan bilangan real (r, q) , dengan r menyatakan jarak titik P ke titik O (disebut kutub) sedangkan q  adalah sudut antara sinar yang memancar dari titik O melewati titik P dengan sumbu-X positif (disebut sumbu kutub), seperti tampak gambar berikut.
1.2.2. Sistem Koordint Kutub Lanjutan
          Dalam koordinat kutub letak suatu titik dapat dinyatakan dalam tak hingga banyak koordinat. Sebagai contoh, letak titik (3, p/3) dapat digambarkan dengan cara terlebih dulu melukiskan sinar yang memancar dari titik asal O dengan sudut sebesar p/3 radian terhadap sumbu mendatar arah positif. Kemudian titik P terletak pada sinar tadi dan berjarak 3 satuan dari titik asal O. Titik P dapat pula dinyatakan dalam koordinat (3, p/3+2kp), dengan k bilangan bulat, koordinat titik P dapat juga dinyatakan sebagai (-3, 4p/3). Pada koordinat yang terakhir, jarak bertanda negatif karenakan titik P terletak pada bayangan sinar OP’.
          Secara umum, jika (r, q) menyatakan koordinat kutub suatu titik  maka koordinat itu juga dinyatakan sebagai : (r, q + 2kp)     atau   (-r, q + (2k+1)p)   dengan k bilangan bulat.
1.2.3. Hubungan Antara Koordinat Kartesius dan Kutub
·          Suatu titik P berkoordinat  (x,y) dalam sistem koordinat Cartesius dan (r, q) dalam sistem koordinat kutub. Apabila kutub dan titik asal diimpitkan, demikian pula sumbu kutub dan sumbu-x positif juga diimpitkan, maka kedudukan titik tampak pada gambar berikut :
·         Hubungan itu akan diperoleh menggunakan rumus segitiga, yakni :
                        x = r cos q      dan y = r sin q     atau
                        r = Ö x2 + y2    dan q = arc sin (y/r) = arc cos (x/r)

1 komentar:

  1. https://rule34.xxx/index.php?page=post&s=view&id=2785804

    ^
    Kuda bolongin pantat Yennefer

    BalasHapus