FACEBOOK
DEFINISI
FACEBOOK
Sebuah
website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas
seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan
berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka,
mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat
tentang dirinya.
SEJARAH FACEBOOK
Facebook
adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh
seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg
atau Mark Zuckerberg lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester
County, New York, Amerika Serikat (AS). pada tanggal 4 Februari 2004,
Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL:
http://www.thefacebook.com.
Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka
dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the”
tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
PERKEMBANGAN FACEBOOK
•
Facebook diluncurkan pertama kali pada
tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg awalnya hanya untuk siswa Harvard
College.
•
Dalam dua bulan selanjutnya,
keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston.
•
Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat
investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
•
Tanggal 23 Agustus 2005,
thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga
USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi
sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
•
Pada September 2005 Facebook
tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun
membuka jaringannya untuk para siswa SMU dan kantoran.
•
September 2006 Facebook membuka
pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
DAMPAK POSITIF FACEBOOK
•
Mendapatkan teman yang banyak.
•
Mempermudah berkomunikasi dengan kerabat di tempat yang
jauh.
•
Mendapatkan info-info tertentu dengan mudah.
•
Menjadi sarana untuk berdiskusi bagi rekan-rekan perusahaan.
•
Mendapatkan tali persaudaraan.
•
Sebagai tempat diskusi.
•
Sebagai sarana untuk promosi.
DAMPAK NEGATIF FACEBOOK
•
Banyaknya kasus kriminalitas baik penipuan, fornografi atau
sebagainya.
•
Menyita waktu belajar bagi pelajar.
•
Mengobsesi waktu para remaja untuk selalu mengakses
facebook.
•
Para remaja tidak peduli dengan daerah sekitarnya bahkan
mungkin lupa makan.
•
Menghamburkan uang terlebih lagi jika mengakses facebook di
warnet.
•
Mengganggu kesehatan mata karena terus duduk di depan
computer.
•
Data pribadi yang menyebar luas.
•
Timbulnya rasa malas.
0 komentar:
Posting Komentar